Rebuslah Kulit Manggis Lalu Saring dan Minum Airnya, Kemudian “Hal Tak Terduga” Ini yang Akan Kamu Rasakan!!

Manfaat Kulit Manggis Kering memang terbukti ampuh untuk kesehatan juga kecantikan kulit dalam mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, baik penyakit biasa atau penyakit kronik. Hal ini dikarenakan, kulit manggis memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi yang dikenal dengan nama Xhantone. Senyawa tersebut sangat ampuh dalam melawan serangan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu berbagai penyakit, bahkan penyakit mematikan. Selain itu, kulit manggis juga memiliki kandungan nutrisi lain yang dapat mempercepat masa penyembuhan suatu penyakit, sehingga banyak obat-obatan herbal yang menggunakan bahan dari ekstrak kulit manggis ini.


Banyak cara untuk mengolah kulit manggis ini, salah satunya yaitu dengan cara dikeringkan. Lalu, apa saja manfaatnya bagi tubuh?

7 Manfaat Kulit Manggis Kering

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari kulit manggis yang sudah dikeringkan bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

Dapat mencegah dan mengobati kanker

Menurut dari hasil penelitian para ahli mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kulit manggis sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan sekaligus membunuh sel kanker tersebut untuk mencegah terjadinya stadium lanjut. Senyawa xhantone di dalam kulit manggis bersifat anti proliferasi danapoptosis yang dapat bekerja sebagai senjata pemusnah bagi penyakit kanker, serta mencegahnya tumbuh kembali.

Dapat mencegah penyakit jantung

Penyakit kanker dan juga penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang paling mematikan di dunia, namun dengan mengkonsumsi ramua obat dari bahan kulit manggis ntubuh anda akan terhindari dari penyakit mematikan tersebut.

Mencegah dan mengobati diare

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kulit manggis sangat baik untuk kesehatan pencernaan, sehingga dapat mencegah dan mengobati diare dengan cepat.

Dapat meningkatkan sistem imun

Jika sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga dengan baik, maka tubuh akan lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit termasuk penyakit mematikan sekalipun. Maka dengan rutin minum ramuan dari kulit manggis dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan tetap terjaga dengan baik.

Dapat meremajakan kulit dan mencegah tanda penuaan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata kulit manggis juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kulit manggis sangat efektif untuk membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dan sekaligus mengembalikan keremajaan kulit, sehingga kulit akan tetap cantik dan awet muda.

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Kulit manggis juga sangat berkhasiat untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil, karena menurut ilmu kedokteran bahwa penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan namun dapat dilakukan upaya untuk mengontrol agar kadar gula darah tetap stabil sehingga diabetes tidak kembali kambuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kulit manggis mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi, sehingga kulit manggis ini sangat baik untuk penderita diabetes.

Membantu mengatasi gangguan haid

Bagi para kaum wanita yang sering mengalami gangguan haid, maka salah satu solusinya yaitu dengan minum ramuan dari kulit manggis. Maka gangguan haid akan segera teratasi.

Sedangkan cara pengolahan Kulit Manggis atau sirup xanthone secara sederhana adalah sebagai berikut : Cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 – 3 kali sehari. Untuk cara lain anda bisa baca di Cara Membuat Jus Kulit Manggis.


Sekedar warning saja kalau Kulit Buah Manggis juga mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. Sehingga kadang muncul kasus akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti Gangguan pada Kesehatan Ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya, kalau muncul kasus seperti ini segera hantikan pemakaian dan hubungi dokter. Sebaiknya anda mengkonsumsi sirup xanthone yang sudah jadi dan sudah ada lebel ijin produksi dan disetujui oleh dinas kesehatan. Semoga Manfaat kulit manggis diatas, bisa bermanfaat. Salam sehat selalu.
loading...
Loading...
Back To Top