Waspada! Ternyata “Kebiasaan Buruk” Inilah Pemicu Asam Urat Paling Tinggi! Hampir Semua Orang Melakukannya Setiap Hari loh..

Kamu tahu gak sih sebenernya penyebab asam urat itu apa? Kalau banyak orang yang bilang, asam urat kita bisa tinggi itu disebabkan oleh banyaknya konsumsi daging setiap hari, tapi bener gak sih cuman itu doang penyebabnya? Hari ini Mimin bakalan share beberapa kebiasaan buruk yang menjadi pemicu meningkatnya asam urat dalam tubuh kita, yuk langsung aja kita simak!


Mimin bakalan kasih contoh yang bener-bener terjadi pada salah satu teman dan saudara dekat Mimin. Teman Mimin yang satu ini sebut saja namanya Indah, dia merupakan mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas negri. Setiap hari dia selalu minum jus ataupun minuman energik sebagai pengganti air putih. Dia menganggap bahwa minuman seperti ini adalah minuman dengan kadar vitamin dan gizi yang tinggi, sehingga dia tidak membutuhkan air putih lagi. Tapi siapa sangka kalau ternyata ketika dia harus mengikuti ujian akhir setelah semaleman bergadang, dia malah tidak bisa berjalan karena sakit yang luar biasa dirasakan pada kakinya. Ketika diperiksa, ternyata asam uratnya sudah mencapai 690!

Ada satu lagi saudara Mimin yang sudah berusia 65 tahun, sebut saja namanya Robin, dan dia sudah terkena asam urat sejak lama. Tapi 5 tahun belakangan ini, asam uratnya sudah tidak pernah kambuh karena dia menjaga kesehatannya dengan baik. Pada suatu hari, ketika dia pergi ke pantai, asam uratnya tiba-tiba kambuh dan dia gak bisa berjalan sama sekali. Padahal dia sama sekali tidak makan daging ataupun seafood selama dia disana.

Ketika diperiksa oleh dokter, ternyata asam uratnya sudah mencapai 500! Ketika ditanya, barulah ketahuan ternyata Robin meminum jus lychee, mangga serta durian dalam jumlah yang banyak ketika dia pergi ke pantai.

Dari kedua cerita di atas, kamu pasti tahu kan penyebab asli asam urat itu sebenarnya bukan cuma daging yang kita, tapi gula fruktosa! Walaupun kedengarannya seperti gula yang sehat karena asalnya dari buah, tapi sebenarnya gula ini bukan berasal dari buah. Dan jika dibandingkan dengan jenis gula yang lain, gula fruktosa adalah gula dengan kadar manis yang paling tinggi!

Jadi kamu harus lebih memperhatikan konsumsi buah seperti pisang, melon, apel, nenas, lychee, semangka, dan buah pir karena ini adalah buah dengan kadar gula yang cukup tinggi. Sedangkan buah seperti jeruk, labu, plum, aprikot memiliki kadar gula yang tidak terlalu tinggi. Gula pada tebu sendiri setelah melalui proses metabolisme dalam tubuh akan berubah menjadi gula fruktosa.

Kamu juga harus lebih mengurangi konsumsi minuman yang dijual di supermarket seperti minuman energik, jus, ataupun minuman bersoda karena jenis minuman memiliki kadar gula fruktosa yang sangat tinggi. Sirup jagung juga perlu kamu hindari karena kadar gulanya yang cukup tinggi dan biasanya hanya digunakan untuk membuat kue.

Selain beberapa bahan makanan di atas, kamu juga perlu menghindari mengonsumsi madu. Walaupun madu baik untuk kesehatan, tapi kandungan fruktosa yang terkandung di dalamnya bisa mencapai 70% loh!

Oleh karena itu, sangat disarankan banget untuk para penderita asam urat untuk minum air setiap hari setidaknya 2000ml supaya tubuhmu bisa mengeluarkan asam urat lewat urin.

Gimana? Ternyata penyebab asam urat itu bukan cuma dari daging, tapi gula yang kita konsumsi setiap hari loh! Yuk share ke temanmu yang lain!
loading...
Loading...
Back To Top